Kolaborasi “Ziswaf” Produktifkan Aset Wakaf Masjid Agung Jawa Tengah

Kolaborasi “Ziswaf” Produktifkan Aset Wakaf Masjid Agung Jawa Tengah  - 20210908 BWI NEWS Kolaborasi Ziswaf Produktifkan Aset Wakaf Masjid Agung Jawa Tengah - Kolaborasi “Ziswaf” Produktifkan Aset Wakaf Masjid Agung Jawa Tengah

Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas, dan Yayasan Masjid Agung Jawa Tengah (MATJ) berkolaborasi kembangkan wakaf produktif. Kolaborasi ini ditandai dengan lahirnya RSI MAJT-MAS, yang resmi dibangun secara simbolik dengan groundbreaking, Rabu, (09/08/2021).

Pengelolaan Wakaf Mesti Libatkan Pemerintah
Inginkan Tata Kelola Wakaf yang Lebih Baik, BWI Selenggarakan Seminar Internasional dan Public Hearing Mengenai Waqf Core Principles
NU Luncurkan Gerakan Wakaf Uang

BWI.GO.ID – Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas, dan Yayasan Masjid Agung Jawa Tengah (MATJ) berkolaborasi kembangkan wakaf produktif. Kolaborasi ini ditandai dengan lahirnya RSI MAJT-MAS, yang resmi dibangun secara simbolik dengan groundbreaking, Rabu, (08/09/2021).

Ketua Baznas, KH. Noor Achmad menyampaikan project pembangunan RSI MATJ-MAS sudah direncanakan cukup lama. Lima tahun lamanya rencana itu terus saja mundur. Dengan kolaborasi, BWI, Baznas, dan MATJ, akhirnya cita-cita itu terlaksana hari ini.

“Fisik bangunan dan semua peralatannya dengan biaya 62 milyar ini insyaallah tercapai tahun 2021-2022, untuk itu kenapa kita berani membangun rumah sakit di atas 1,2 hektar ini, dari tanah yang kami sediakan 6 hektar.”

Ketua Badan Pelaksana Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA menyatakan pentingnya kolaborasi atau sinergi untuk mewujudkan sebuah kerja nyata.

“Hari ini merupakan “perkawinan” antara Baznas, dengan BPKH, dengan BWI, akan melahirkan riil anak yang namanya RSI MAJT.”

Lebih lanjut Prof. Nuh menyampaikan hingga saat ini kebutuhan layanan kesehatan yang memadai belumlah cukup. Jumlah dokter di Indonesia per seribu penduduk Indonesia itu 0,4, sementara umumnya di Asia itu 1,2 per seribu penduduk. Jumlah tempat tidur di Indonesia itu, 1,18 tempat tidur per seribu pendudukan, sementara di Asia 3,3 tempat tidur per seribu penduduk. “Sungguh rumah sakit ini menjadi solusi untuk memberikan layanan kesehatan.” terangnya.

Prof. Nuh sangat mengapresiasi kolaborasi perdana antara Baznas dan BWI ini. “Bismillah, atas nama BWI kami ingin menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya, atas pernikahan perdana ini. Semoga BWI-Baznas menjadi mesin tranformasi dari intangible menjadi tangible, dan dari tangible menjadi the real power.”

Project Wakaf Produktif RSI MAJT-MAS ini merupakan kolaborasi BWI, Baznas, dan MAJT, di mana BWI dan Baznas akan mensupport pendanaan. BWI akan menggalang penghimpunan wakaf, baik wakaf uang maupun wakaf melalui uang. Baznas dalam hal penyaluran zakat kepada dhuafa melalui layanan kesehatan di RSI MAJT MAS, termasuk support dana pembangunan. Sementara Yayasan Nazhir Wakaf Banda Masjid Agung Semarang dalam hal pengelola aset tanah wakafnya.

Kontributor: Ani Nuryanti
Editor: Khayun Ahmad Noer

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: