BWI dan IPB Menyalurkan Hasil Wakaf untuk Peternak di Kediri

BWI dan IPB  Menyalurkan Hasil Wakaf untuk Peternak di Kediri

Badan Wakaf Indonesia (BWI) bersama IPB University dan SASPRI Kawasan Kandat melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama penyaluran imbal hasil Su

Konsolidasi Zakat dan Wakaf Dunia
Pemerintah Gandeng Forum Jurnalis Wakaf Tingkatkan Literasi
Menteri Agraria dan Tata Ruang Dorong Tanah Wakaf untuk Disersertifikasi

Badan Wakaf Indonesia (BWI) bersama IPB University dan SASPRI Kawasan Kandat melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama penyaluran imbal hasil Sukuk Wakaf Ritel Seri SWR003 yang dilaksanakan di Desa Kandat, Kediri pada tanggal 2 Maret 2023. Penandatanganan kerja sama ini sebagai realisasi dari Nota Kesepahaman antara BWI dengan IPB University dan SASPRI Nasional.  Jumlah imbal hasil SWR003 yang disalurkan pada tahap I adalah senilai Rp.100 juta. Kerja sama antara BWI, IPB University dan SASPRI menjadi model pertama pengelolaan wakaf yang hasil keuntungannya  tidak saja untuk meningkatkan kesejahteraan peternak, tetapi juga akan diberikan dalam bentuk beasiswa pendidikan yang dikelola oleh IPB University.

Menurut Ketua Lembaga Kenazhiran BWI, Hafiz Gaffar, pengelolaan wakaf uang untuk program pemberdayaan peternak ini merupakan model pengelolaan wakaf yang unik karena menyatukan pengelolaan wakaf uang di instrumen investasi sukuk negara dengan wakaf produktif yang penerima manfaatnya (mauquf’alaih) adalah para peternak dan mahasiswa berprestasi yang memerlukan bantuan dana pendidikan. Sebagai instrumen investasi wakaf uang, sukuk wakaf ritel seri SWR003 diterbitkan pada tanggal 13 Juli 2022 dan BWI menjalin kerja sama dengan Bank Mega Syariah sebagai salah satu Mitra Distribusi yang ditunjuk Kementerian Keuangan. Selain program pemberdayaan peternak, BWI juga menyalurkan imbal hasil SWR003 dalam bentuk program revitalisasi ruang rawat inap serta program beasiswa yang bersumber dari wakaf uang ASN Kementerian Agama. Imbal hasil SWR003 untuk program beasiswa telah didistribusikan senilai Rp. 200 juta untuk 100 mahasiswa dari 19 Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia.

Naufal Mahfudz selaku Kepala Badan Pengelolaan Bisnis, Investasi dan Wakaf IPB University, mengucapkan terima kasih kepada BWI yang telah memilih program pemberdayaan peternak sebagai salah satu program penyaluran imbal hasil SWR003. Pengelolaan imbal hasil selain untuk meningkatkan kesejahteraan peternak juga ditujukan untuk pemberian beasiswa pendidikan bagi mahasiswa IPB. Model pengelolaan wakaf ini sangat menarik untuk dikembangkan dan IPB sangat optimis ke depannya jumlah hewan ternak akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya dana wakaf yang dikelola oleh BWI.

Dalam sambutannya, Harjito sebagai Wali SASPRI Kawasan Kandat menyatakan terima kasih atas pelaksanaan program pemberdayaan peternak yang dijalankan oleh BWI dan IPB University. Sapi yang dibeli dari imbal hasil SWR003 ini akan dipelihara dan dijual pada saat perayaan Idul Qurban 1444 H nanti. ”Insya Allah hewan ternak dari imbal hasil SWR003 akan terus meningkat bobotnya dan harga jualnya memberikan keuntungan yang maksimal”, ujarnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 1
DISQUS: