Undangan Ikut Serta dalam ‘Global Donor Forum 2012’

Kuala Lumpur - Kegiatan Filantropi di dunia Islam mengalami kemajuan yang cukup pesat. Perkembangan ini dapat dilihat dari berbagai model aplikasi fil

BWI Sahkan Nazhir Cakung Baru
Tanah Wakaf Masjid di Bali Ditukar
1.128 Bidang Tanah Wakaf Butuh Sertifikasi

Kuala Lumpur – Kegiatan Filantropi di dunia Islam mengalami kemajuan yang cukup pesat. Perkembangan ini dapat dilihat dari berbagai model aplikasi filantropi yang diterapkan oleh umat Islam di berbagai belahan dunia. Dengan adanya gairah berfilantropi yang begitu besar, secara otomatis, kegiatan ini berdampak positif bagi umat manusia. Apa saja model filantropi yang dikembangkan dan bagaimana dampaknya?

Pertanyaan tersebut akan dikupas dalam ‘Global Donor Forum 2012’ yang akan dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia. Rencananya, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 26-28 April 2012.

Perlu diketahui, Global Forum merupakan pertemuan tahunan yang dihadiri oleh para penggiat filantropi sedunia. Meski punya tujuan yang sama, peserta yang hadir berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari individu, lembaga, yayasan, lembaga keuangan, perusahaan, pemerintah, hingga kalangan akademik dan peneliti.  

Tahun ini adalah pertemuan yang kelima sejak tahun 2008. Negara-negara yang pernah dijadikan tuan rumah yaitu: Turki (2008), Uni Emirat Arab (2009), Qatar (2010), dan Dubai (2011).

Pertemuan tahunan ini digagas oleh World Congress of Muslim Philanthropists (WCMP). Lembaga yang bermarkas di Amerika ini merupakan jaringan lembaga donor internasional yang didirikan untuk memajukan kegiatan filantropi yang bertanggung jawab dan berkesinambungan. Ini langkah penting agar kegiatan filantropi benar-benar berdampak bagi kehidupan umat manusia di berbagai belahan dunia.

Untuk itu, tahun 2012 ini ‘Global Donor Forum’ mengangkat tema khusus tentang dampak filantropi dan investasi. Untuk mengelaborasi tema tersebut akan disajikan beberapa topik terkait, antara lain: perkembangan tren filantropi di berbagai dunia, model proyek percontohan implementasi filantropi, kemajuan filantropi berbasis agama (wakaf dan zakat), inovasi filantropi di negara-negara Islam, strategi pengembangan filantropi, dampak filantropi bagi kehidupan manusia.    

Untuk mengikuti kegiatan ini, tiap orang dikenakan biaya sebesar US$ 1,000. Bagi yang berminat untuk mengikuti Global Donor Forum 2012, dapat melakukan pre-registrasi online di http://cresstech.com/gdf/register.php. Informasi lebih lanjut, silahkan buka laman: http://cresstech.com/gdf/. (au)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: