Siapakah yang Boleh Menjadi Nazhir Wakaf?

Siapakah yang Boleh Menjadi Nazhir Wakaf?  - Siapakah yang boleh menjadi Nazhir - Siapakah yang Boleh Menjadi Nazhir Wakaf?

Banyak yang bertanya kepada saya siapakah yang boleh menjadi nazhir? Pertanyaan yang lebih spesifik lagi apakah wakif boleh menjadi nazhir dan apakah

Anggota BWI Sampaikan Tugas dan Fungsi Nazhir Saat Pelantikan Pengurus Perwakilan BWI Kabupaten Cirebon
Kisah Sedekah Antarkan Ahli Neraka ke Surga
Bila Terjadi Resesi, Wakaf Uang Bisa Menjadi Solusi Pemenuhan Kebutuhan Umat

Banyak yang bertanya kepada saya siapakah yang boleh menjadi nazhir? Pertanyaan yang lebih spesifik lagi apakah wakif boleh menjadi nazhir dan apakah nazhir bisa diwariskan? Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi nazhir dan apa saja tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh nazhir? Munculnya pertanyaan-pertanyaan tersebut mengindikasikan bahwa nazhir menjadi persoalan yang sangat penting dalam perwakafan.

Nazhir memang memiliki peran penting dalam perwakafan. Berapa banyak harta wakaf yang berhasil dihimpun dan dikelola serta bermanfaat untuk kesejahteraan umat disebabkan nazhirnya amanah. Berapa banyak harta wakaf yang terlantar, hilang atau tidak ada lagi jejaknya disebabkan oleh nazhir yang tidak menjaganya, menelantarkannya bahkan dengan sengaja menghilangkannya. Berapa banyak hasil wakaf yang tidak diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya (maukuf alayh) atau diberikan tapi tidak tepat sasaran karena nazhir menganggap harta wakaf sebagai miliknya. Berapa banyak sengketa wakaf atau sengketa nazhir terjadi karena tindakan nazhir yang tidak tepat dalam mengelola wakaf. Berapa banyak orang kaya yang enggan berwakaf karena ada nazhir yang tidak amanah atau tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.

Pentingnya peranan nazhir dalam perwakafan selengkapnya disini.

Siapakah Yang Boleh Menjadi Nazhir

Sumber : Buku Kontemporer Wakaf

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: