Peduli Katarak, RS Wakaf Gelar Workshop Basic Eye Exam Perdana

Peduli Katarak, RS Wakaf Gelar Workshop Basic Eye Exam Perdana

RS Wakaf Achmad Wardi BWI-DD menggelar Workshop Basic Eye Exam Perdana di seluruh kecamatan di Kota Serang, Selasa (11/08/ 2020). Acara tersebut di

Menyongsong Kebangkitan Wakaf
Meningkatkan Berwakaf Saat Ramadhan untuk Membantu Para Terdampak Corona
Forjukafi Ajak Baim Wong Gaungkan Wakaf

RS Wakaf Achmad Wardi BWI-DD menggelar Workshop Basic Eye Exam Perdana di seluruh kecamatan di Kota Serang, Selasa (11/08/ 2020).

Acara tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian RS Wakaf Achmad Wardi BWI-DD terhadap pengidap penyakit mata katarak, yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang saat ini menjadi fokus dari RS Mata Achmad Wardi BWI-DD. Berdasarkan data statistik BPS Kota Serang menyebutkan bahwa jumlah penduduk kota serang dengan usia kurang dari 45 tahun sebanyak 133.432 penduduk. Kelompok usia tersebut lebih beresiko tinggi mengalami masalah gangguan penglihatan seperti katarak, retina, dan gangguan mata lainnya.
Moh. Badrus Sholeh M.Kes selaku direktur utama RS Mata Achmad Wardi mengatakan, kesulitan untuk mendeteksi para pengidap katarak karena kurangnya tenaga terampil menjadi dasar kegiatan Workshop Basic Eye Exam di seluruh kecamatan di Kota Serang.

“Kurangnya pengetahuan masyarakat, terbatasnya fasilitas kesehatan, serta keterbatasan petugas indra yang terampil dapat mempersulit terdeteksinya penderita katarak serta memperburuk kondisi penderita katarak apabila tidak segera ditangani. Maka dari itu RS Mata Achmad Wardi BWI-DD menginisiasi untuk menyelenggarakan Workshop Pemeriksaan Mata Dasar di Wilayah Kota Serang”. Ucap dr. Moh. Badrus Sholeh M.Kes selaku direktur utama RS Mata Achmad Wardi.

Workshop ini dilaksakan untuk memberikan edukasi, wawasan, serta keterampilan kepada dokter umum dan petugas indra di FKTP terkait pemeriksaan mata dasar. Harapannya setelah dilakukanya workshop ini dokter umum maupun petugas indra mampu melakukan diagnosis yang akurat sehingga masyarakat kelompok usia risiko tinggi katarak bisa terdeteksi sejak dini.
Kegiatan ini diikuti sebanyak 32 peserta dari seluruh perwakilan puskesmas di wilayah Kota Serang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini dibekali oleh dokter spesialis mata sub retina dari RS Mata Achmad Wardi, materi yang disampaikan diantaranya mengenai gejala katarak, retina, hingga pemeriksaan mata secara langsung dengan menggunakan alat yang disediakan dalam workshop ini. Selain itu juga peserta dalam kegiatan ini dibekali langsung alat Oftalmoskop yang diberikan secara gratis oleh RS Mata Achmad Wardi BWI-DD yang tujuanya memberikan fasilitas untuk dokter umum di puskesmas dalam pemeriksaan mata dasar.

Peran dari pemerintah Kota Serang tentu sangat dibutuhkan khusunya dinas terkait seperti dinas kesehatan. “Saya sangat mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan ini, kami dari dinas kesehatan mengharapkan kegiatan tersebut bisa terus berkelanjutan sehingga dokter umum dari puskesmas seluruh Kota Serang bisa menambah pengetahuan dan skill dalam pemeriksaan gangguan mata yang dialami oleh masyarakat” ucap dr. H. Ikbal S.Pd, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang.

“Sebagai dokter umum di Puskesmas Kalodran, kegiatan workshop ini sangat bermanfaat terutama saat saya mendiagnosis pasien sehingga bisa lebih teliti lagi. Apalagi saya diberikan oftalmoskop sehingga bisa memudahkan dalam pemeriksaan terutama katarak” ucap dr. H. Asep Irawan Priatna.

Selain itu juga, RS Mata Achmad Wardi BWI-DD kedepanya akan terus mendukung program pemerintah dengan terus mengadakan workshop seperti ini, tujuanya untuk memberikan wawasan dan edukasi para medis yang ada di puskesmas di wilayah Kota Serang bahkan seluruh wilayah Banten.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: