Wagub Aceh: Calhaj Hanya Bayar Pesawat

Banda Aceh - Jika pembangunan asrama haji atau pemondokan warga aceh di Mekkah telah selesai, Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mengusulkan agar calo

Ketua BWI: Air Bersih dan Sanitasi Tanggung Jawab Kita Semua
Perwakilan BWI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara Terbentuk
Lembaga Wakaf di Nigeria Studi Banding Wakaf ke Indonesia

Banda Aceh – Jika pembangunan asrama haji atau pemondokan warga aceh di Mekkah telah selesai, Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mengusulkan agar calon haji (calhaj) asal Aceh hanya membayar ongkos pesawat saja. Pembangunan pemondokan yang dilakukan pihak Nazir Wakaf Baitul Asyi di Mekkah di perkirakan akan rampung tiga tahun mendatang yakni sekitar 2013.

 

 

Hal ini disampaikan Nazar usai Tepung Tawari (peusijuk) dirinya dalam rangka melaksanakan ibadah haji oleh Tgk Tengku H Usman Ali (Abu Kuta Krueng) pemimpin Pondok Pesantren Shalafiyah Darul Munawwarah Kuta Krueng, Pidie Jaya, kemarin.Tepung Tawari merupakan sebuah tradisi adat yang dilakukan di Aceh sebagai rasa syukur kepada yang maha kuasa. Kegiatan tersebut diantaranya dilakukan pada upacara adat, pesta perkawinan dan naik haji.

Baitul Asyi merupakan harta wakaf oleh Habib Bugak seorang ulama Aceh keturuan Arab pada tahun 1800 Masehi di kawasan Qusyasyiah, Makkah. Ia mewakafkan sebidang tanah dan rumah untuk masyarakat Aceh sebagai tempat pemondokan saat menunaikan rukun Islam kelima itu.

Dari hasil pengelolaan wakaf tersebut oleh Nazir, dana keuntungan tersebut digunakan sebagai pembangunan asrama dan dibagi bagi setiap calhaj Aceh yang melaksanakan ibadah di Tanah Suci pada musim haji. “Kita sedang upayakan pembangun asrama yang bisa menampung sekitar 4000-5000 jamaah haji Aceh di kawasan Al Aziziah Janubiyah, Makkah, Arab Saudi,” kata Nazar.

Karenanya, pada pelaksanaan ibadah haji plus pada musim haji 2010 melalui DKI Jakarta yang turut didampingi sang istri Dewi Muthia, Nazar akan meninjau pembangunan tersebut di sana. “Saya juga akan memantau perkembangan pembangunan asrama tersebut dan mengunjungi jamaah haji Aceh yang ada di sana,” katanya. [ant/rep]

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: