Pemkab Bandung Gagas Program “Wakaf Leuweung”

Bandung - Pemkab Bandung sedang menggagas program "Wakaf Leuweung" (hutan) untuk mengatasi lahan kritis. Wakaf ini untuk pembelian lahan-lahan kritis

BWI Dorong Pemanfaatan Aset Produktif untuk Bantu Kembangkan UMKM
Kesadaran Warga Aceh Daftarkan Tanah Wakaf Cukup Tinggi
DMI Bentuk Koperasi Wakaf

Bandung – Pemkab Bandung sedang menggagas program “Wakaf Leuweung” (hutan) untuk mengatasi lahan kritis. Wakaf ini untuk pembelian lahan-lahan kritis yang nantinya akan dijadikan hutan demi penanggulangan banjir.

“Program wakaf leuweung sudah mendapattkan dukungan dari berbagai pihak. Tinggal kita rencanakan secara matang untuk menggolkan gerakan wakaf leuweung ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kab. Bandung, Ir. H. Tisna Umaran, di ruang kerjanya, (10/1).

Menurut Tisna, gerakan ini akan mengumpulkan sumbangan dari masyarakat untuk pembelian lahan-lahan kritis. “Daripada lahan-lahan krittis tak terurus, maka lebih baik kita beli dan difungsikan untuk hutan,” ujarnya.

Nantinya pengelolaan hutan bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar karena hutan bersifat tumpang sari. “Pemkab Bandung hanya memiliki gagasan dan pemberian fasilitas, sedangkan pelaksana kegiatan bisa oleh lembaga kemasyarakatan,” katanya.(pkrn-rkyt)***

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: