Kisah 5 Tahun Wakaf Salman Tebar Manfaat Wakaf

Kisah 5 Tahun Wakaf Salman Tebar Manfaat Wakaf  - IMG 20220113 WA0009 - Kisah 5 Tahun Wakaf Salman Tebar Manfaat Wakaf

Tahun 2022 telah tiba dan Wakaf Salman sekarang sudah berumur 5 tahun. Selama 5 tahun ke belakang, lembaga ini sudah bertumbuh sehingga bisa membantu

BWI dan Komisi 8 Sepakat Peningkatan Literasi Sampai Anggaran
Paradigma Pengelolaan Wakaf di Masa Rasulullah
Materi Penyuluhan Hukum Wakaf Seri 04 2022

Tahun 2022 telah tiba dan Wakaf Salman sekarang sudah berumur 5 tahun. Selama 5 tahun ke belakang, lembaga ini sudah bertumbuh sehingga bisa membantu lebih dari lima ratus ribu penerima manfaat melalui produk-produk wakaf produktif yang diamanahkan para wakif.

Perjalanan menuju tahun keenam ini tentulah tidak mudah, dimulai di tahun 2015 ketika Wakaf Salman masih berkantor di Cikutra. Hingga akhirnya di tahun 2016 pada 23 Desember, Wakaf Salman resmi diakui sebagai Nazhir oleh Badan Wakaf Indonesia. Sebuah pencapaian yang besar dan menjadi titik awal lembaga untuk terus maju hingga kini.

Gagasan untuk mendirikan Wakaf Salman berawal dari sebuah kekaguman dimana lembaga non-muslim sekelas Oxford University mengadopsi sistem Wakaf untuk pengelolaan endowment fund. Selain itu juga gagasan ini berangkat dari betapa hebatnya sistem Wakaf untuk kemajuan sebuah masyarakat.

Universitas Al-Azhar di Mesir merupakan contoh konkrit betapa hebatnya konsep ini. Lebih dari seribu tahun institusi ini berdiri, lebih dari jutaan bahkan milyaran orang telah terbantu melalui beasiswa, juga konsep Wakaf ini telah menjadi saksi kemajuan peradaban Islam.

Bagaimana tidak, tiga rumah sakit yang dibangun atas dana Wakaf telah melahirkan konsep manajemen rumah sakit yang digunakan pada masa ini. Selain rumah sakit, Wakaf telah membantu peradaban melalui pendidikan, bisnis, hingga riset-riset ilmu pengetahuan.

Pada 23 Desember 2021 kemarin, Wakaf Salman merayakan miladnya yang ke-5, dengan mengambil tajuk Semangat Sebar Manfaat, diharapkan produk-produk Wakaf Salman dapat membantu banyak mauquf alaih di seluruh dunia. Salah satu apresiasi yang diberikan oleh BWI kepada Wakaf Salman adalah bagaimana lembaga ini sangat aktif dalam menyebarkan literasi Wakaf melalui sosial media.

Untuk menghadapi tahun 2022 ini, Wakaf Salman melanjutkan misi sosial kemanusiaan melalui program Sebar Semangat Manfaat. Wakaf Salman berkomitmen untuk terus membangun negeri melalui produk Wakaf produktifnya seperti RS Salman Hospital, pengembangan sarana prasarana Masjid, Wakaf 1000 Pohon, pengelolaan cash wakaf produktif dan masih banyak lagi.

Semoga selama tahun 2022, Wakaf Salman ITB dan Badan Wakaf Indonesia dapat bersinergi lebih jauh untuk memajukan Wakaf di Indonesia maupun ke penjuru Dunia.

Penulis: Fairuz Insani (Wakaf Salman)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: