Meneropong Aset Wakaf Produktif yang Megah di Singapura

Meneropong Aset Wakaf Produktif yang Megah di Singapura

Singapura merupakan salah satu Negara yang berada di Kawasan Asia Tenggara yang luasnya mencapai 728.6 km². Dan jumlah penduduknya mencapai 5,45 Juta

Wamenag Dorong Sistem Pelaporan Aset Wakaf Secara Digital
Silaturahmi dengan Badan Wakaf Indonesia, Pengurus Daerah Kalimantan Selatan Minta Masukan
Perkembangan Wakaf ke Arah Wakaf Produktif Keuangan Syariah

Singapura merupakan salah satu Negara yang berada di Kawasan Asia Tenggara yang luasnya mencapai 728.6 km². Dan jumlah penduduknya mencapai 5,45 Juta Jiwa. Serta jumlah masyarakat muslim di Negara tersebut hanya 5% dari total jumlah penduduknya atau sekitar 250 ribuan orang yang memeluk Islam dan termasuk agama minoritas. Meski begitu jangan salah lho! Singapura memiliki Aset Wakaf yang megah dan produktif.

Apartemen Somerset terletak di 51 Bencoolen St, Singapore 189630, sebuah kawasan bisnis yang terkenal di Singapura. Apartemen ini berdiri di atas lahan wakaf yang mulanya hanya dimanfaatkan untuk pembangunan masjid. Masjid bersejarah itu kemudian dipugar dan lahan yang tersisa dikelola agar menjadi aset produktif.

Di tahun 2001, MUIS (lembaga sejenis MUI di Indonesia) setempat yang berlaku sebagai nazhir bekerjasama dengan Warees Investment membentuk join venture. Untuk pembangunan masjid dan bangunan, MUIS kemudian menerbitkan sukuk.

Bangunan tersebut disewakan kepada Ascott International untuk dikelola secara komersial. Dari sanalah, dana bagi hasil kepada para investor diambil. Pada akhir masa sewa, pengelolaan akan dikembalikan pada Warees.

Dari sanalah perolehan dana keuntungan dimanfaatkan untuk kepentingan umat. Apartemen yang memiliki 107 ruangan ini, memberikan kontribusi yang besar untuk disalurkan kepada fakir miskin, madrasah, masjid dan kepentingan umat lainnya.

Selain apartemen ini, Warees Investment juga mengelola aset wakaf lainnya agar bisa menjadi aset produktif, seperti gedung perkantoran dan cluster perumahan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0