Yuk Intip Bedanya Wakaf, Zakat dan Shadaqah

Yuk Intip Bedanya Wakaf, Zakat dan Shadaqah  - 13 Fairuz Insani - Yuk Intip Bedanya Wakaf, Zakat dan Shadaqah

Teman-teman, di masa pandemi seperti ini banyak sekali orang yang membutuhkan bantuan kita. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga uang, dan kita mem

Berwakaf dan Bergaining Kematian
Dr. Hendri Tanjung: Mengembangkan Ekonomi Islam Melalui Wakaf
Bila Terjadi Resesi, Wakaf Uang Bisa Menjadi Solusi Pemenuhan Kebutuhan Umat

Teman-teman, di masa pandemi seperti ini banyak sekali orang yang membutuhkan bantuan kita. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga uang, dan kita memberikan sebagian harta kita dengan banyak cara. Mulai dari dalam bentuk uang hingga bentuk aset dan barang.

Di berbagai agama manapun sudah sepatutnya kita saling membantu sesama, dan di Islam sendiri ada banyak cara untuk membantu mereka yang membutuhkan dan tingkat kewajibannya juga beragam. Mulai dari yang wajib seperti Zakat, hingga yang bentuknya sukarela seperti Wakaf/Shadaqah

Tentunya mayoritas dari kita sudah diajarkan di bangku sekolah dasar hingga mungkin SMA tentang cara beramal dalam Islam seperti Zakat dan Shadaqah, dan sudah banyak juga cerita-cerita dari sahabat nabi tentang hal ini. Tetapi bagaimana dengan Wakaf?

Dibandingkan dengan Zakat dan Shadaqah, ternyata masih banyak dari kita yang belum tahu tentang Wakaf.  Yuk mari kita intip bersama bedanya Wakaf, Zakat dan Shadaqah.

Zakat

Sebagai salah satu bagian dari Rukun Iman, Zakat pada dasarnya adalah mensucikan sebagian dari harta kita, karena semua harta yang kita punya tidak semuanya milik kita, ada 2,5 % dari harta kita yang harus kita berikan kepada yang membutuhkan. Nah, ada dua macam zakat yang sama-sama wajib untuk ditunaikan yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat Fitrah biasanya dilakukan pada saat menjelang akhir ramadhan, sedangkan zakat maal dapat dilakukan kapanpun.

Shadaqah

Lain zakat lain lagi dengan shadaqah. Jika zakat sifatnya wajib, maka shadaqah sifatnya lebih ke sukarela. Shadaqah dan Wakaf secara tingkat kewajiban memang tidak wajib. Namun perbedaannya, Shadaqah sendiri tidak harus dalam bentuk harta, namun dengan kita membantu orang lain pun sudah dianggap sedekah karena pada dasarnya kita dengan ikhlas membantu orang lain.

Wakaf

Bagaimana dengan wakaf? Wakaf sendiri pada dasarnya adalah kita memberikan sebagian aset atau harta kita kepada nazhir (lembaga wakaf) yang nantinya akan diinvestasikan oleh nazhir dalam bentuk investasi di bank syariah atau dalam bentuk pembangunan atau biasa disebut dengan wakaf produktif, dan manfaat dari wakaf sendiri akan dapat dirasakan oleh banyak kalangan dengan jangka waktu yang panjang.

Nah, sudah tahu kan bedanya apa itu Zakat, Shadaqah dan Wakaf, dan tentunya ketiga ini akan membawa berkah bagi siapapun yang menerimanya. Termasuk anda yang ingin memulai untuk wakaf, dan anda bisa menyalurkan harta/aset ke Wakaf Salman ITB yang nantinya aset anda akan digunakan untuk wakaf-wakaf produktif seperti Wakaf Masjid dan RS Salman Hospital.

Penulis : Fairuz Insani (Wakaf Salman)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: