Dana Wakaf Bantu Perbaiki Madrasah Nurul Fikri yang Hampir Roboh

Dana Wakaf Bantu Perbaiki  Madrasah Nurul Fikri  yang Hampir Roboh  - Madrasah Nurul Fikri Featured - Dana Wakaf Bantu Perbaiki  Madrasah Nurul Fikri  yang Hampir Roboh

Lebih dari 60 santri belajar di madrasah tua berusia hampir 40 tahun yang dibangun seadanya. Madrasah ini bernama MT Nurul Fikri di Desa Cijulang, Ke

Sumbangan Wakaf pada Peradaban Islam (3-habis)
Khutbah Jumat: Orang yang Berwakaf Akan Berkumpul Bersama Keluarga di Syurga
Potensi Pengembangan Wakaf Nasional

Lebih dari 60 santri belajar di madrasah tua berusia hampir 40 tahun yang dibangun seadanya. Madrasah ini bernama MT Nurul Fikri di Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dahulu kondisi madrasah sangat memprihatinkan. Konstruksi bangunan dibuat dari anyaman bambu dengan atap genteng yang sudah rapuh. Bila hujan turun, atap bocor dan membuat udara di dalam menjadi lembab karena sirkulasi udara yang buruk.

- IMG 20210224 WA0020 - Dana Wakaf Bantu Perbaiki  Madrasah Nurul Fikri  yang Hampir Roboh
Kondisi Madrasah Nurul Fikri Sebelum Dibongkar dan Direnovasi

Melalui program Wakaf Uang, Rumah Zakat menyalurkan bantuan untuk perbaikan MT Nurul Fikri. Dana perbaikan berasal dari hasil pemanfaatan dana wakaf produktif yang dikelola Rumah Zakat. MT Nurul Fikri sebagai mauquf alaih (penerima manfaat wakaf) menerima manfaat tersebut berupa renovasi bangunan menjadi lebih kokoh dan nyaman. Saat ini pembangunan madrasah sudah memasuki pemasangan rangka atap dan masih terus berjalan.

Dana wakaf produktif Rumah Zakat berasal dari wakaf uang para donatur, yang dikelola dalam berbagai program wakaf produktif di bidang pertanian berupa kebun sayur di Subang, perkebunan berupa kebun kelapa dan sereh wangi di Pandeglang, bidang UMKM seperti pengolahan minyak atsiri di Sangihe, minimarket di Garut, lumbung pangan di Cianjur, ATM beras di Majalengka, dan masih banyak lagi program-program yang dikelola secara produktif.

- IMG 20210224 WA0024 - Dana Wakaf Bantu Perbaiki  Madrasah Nurul Fikri  yang Hampir Roboh
Anak-anak Madrasah Nurul Fikri Sedang Belajar Qur’an

Selama ini kita mengenal bahwa wakaf sebatas 3M (Masjid, Madrasah, Makam) dan hanya orang berduit saja yang bisa berwakaf. Padahal kita bisa berwakaf uang untuk menggerakkan ekonomi umat. Hasil keuntungan dari pengelolaan wakaf tersebut yang kemudian disalurkan bagi mauquf alaih. Bisa berupa uang, sembako, ataupun perbaikan masjid dan madrasah yang rusak. Dengan wakaf uang berwakaf menjadi lebih mudah, semua orang bisa berwakaf, dan maslahat yang lebih besar hadir bagi umat.

Berkat wakaf dari para donatur, sekarang madrasah sudah mulai dibangun menjadi lebih kokoh. Dan kini Madrasah Nurul Fikri sedang memasuki tahap pemasangan rangka atapnya.

Terima kasih para muwakif yang telah mengamanahkan wakaf uangnya kepada kami Rumah Zakat serta nazhir-nazhir wakaf uang lainnya. Wakaf uang yang diberikan bisa memberikan manfaat berkelanjutan untuk membantu masyarakat.

Kisah Inspirasi! Dana Wakaf Bantu Perbaiki Madrasah Nurul fikri yang Hampir Roboh  - Madrasah Nurul Fikri 6 1024x768 - Dana Wakaf Bantu Perbaiki  Madrasah Nurul Fikri  yang Hampir Roboh
Madrasah Nurul Fikri Setelah Dibongkar dan Direnovasi dengan Dana Wakaf

Kita doakan bersama ya Sahabat semoga proses pembangunan berjalan lancar dan bisa selesai sebelum Ramadhan tiba. Aamiin.

Reporter: Taufik
Editor: Khayun Ahmad

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: