Muhammadiyah Gulirkan Wakaf Uang

Padang - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar akan melakukan pencanangan gerakan wakaf uang untuk pemberdayaan ekonomi umat. Gerakan ini akan di

Sinergi Wakaf, Zakat, dan CSR BUMN
BWI dan Kemenkop Beri Pembekalan Kepada Nazhir Wakaf Uang
RWI Resmikan Jembatan Wakaf di Garut

Padang – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar akan melakukan pencanangan gerakan wakaf uang untuk pemberdayaan ekonomi umat. Gerakan ini akan dimulai dari struktur Muhammadiyah mulai dari tingkat wilayah, daerah, cabang dan ranting. Wakil Sekretaris PWM Sumbar Bachtiar mengatakan, jumlah pengurus Muhammadiyah mulai dari wilayah sampai ranting sekitar 2.500 orang. Jika setiap orang mewakafkan Rp 1.000 saja dalam sehari, maka akan terkumpul dana Rp 2,5 juta per hari. Dalam sebulan terkumpul Rp75 juta dan setahun Rp900 juta.

”Belum lagi kalau semua kader berpartisipasi, jumlahnya akan menjadi lebih besar. Itu akan menjadi dana abadi umat yang akan kita gunakan untuk memberdayakan masyarakat yang ekonominya kurang mampu,” ujarnya seperti dilansir Padang Ekspres, (17/6).

Dana yang terkumpul itu, kata Bachtiar, akan diinvestasikan melalui kegiatan ekonomi dengan prinsip-prinsip Islami. Keuntungan dari usaha itulah nantinya yang akan digunakan untuk membantu masyarakat miskin tadi. ”Ini salah satu upaya kami membantu pemerintah mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya.        

Gerakan wakaf uang ini akan dibicarakan lebih teknis dalam rapat pimpinan wilayah Muhammadiyah di Gedung Dakwah Jalan Sawahan 62 Padang, Sabtu (18/6) mendatang. Program ini diharapkan ditindaklanjuti pengurus di semua tingkatan. (geb/padek)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: