Mencengangkan! Laba Bisnis Salah Satu Nazhir Wakaf Produktif Tembus Milyaran Saat Pandemi Covid-19

Mencengangkan! Laba Bisnis Salah Satu Nazhir Wakaf Produktif Tembus Milyaran Saat Pandemi Covid-19

Ditengah masa pandemi banyak bisnis dan usaha yang berguguran, baik yang sekala besar, menengah, dan kecil. Namun fenomena tersebut berbanding terbal

Berkunjung ke RS Mata Achmad Wardi, Ketua BWI: Capaian Baik Harus Terus Ditingkatkan!
Wakaf Sebagai Pendorong Perekonomian Masyarakat
Pengurus BWI Kota Balikpapan Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Ditengah masa pandemi banyak bisnis dan usaha yang berguguran, baik yang sekala besar, menengah, dan kecil. Namun fenomena tersebut berbanding terbalik 360 derajat dengan apa yang dialami unit bisnis yang berbasis menggunakan dana wakaf.

Salah satu pengelola (Nazhir) dana wakaf  Sinergi Foundation membuktikan dikala dunia bisnis sedang diuji ketahanannya dari serangan badai ekonomi akibat pandemi Covid-19, Nazhir yang bermarkas di Bandung tersebut malah meraup laba yang cukup fantastis.

CEO Sinergi Foundation mengungkapkan total margin laba seluruh unit bisnis wakaf Sinergi Foundation mencapai miliaran. Pada 2019, marginnya Rp1,5 miliar. Sedangkan pada 2020, mencapai Rp1,8 miliar, Senin (25/1/2021).

“Alhamdulillah terus meningkat meskipun 2020 lalu terkendala pandemi,” kata CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan kepada wartawan di Bandung, Senin (25/1/2021).

Asep yang dijuluki wakafpreneur ini mengatakan pihaknya terus mengembangkan diri sebagai lembaga yang concern di bidang wakaf produktif. Setelah sukses dengan Rumah Makan Ampera berbasis wakaf pada 2016, Sinergi Foundation kembali membangun bisnis kuliner berbasis wakaf, yang hasilnya dipakai untuk membantu masyarakat membutuhkan.

“Pada 2019, bisnis yang dikembangkan adalah coffeeshop Kopi Haii dan kedai Cuankie & Batagor Serayu. Lalu pada 2020, bisnis merambah ke Surabi Enhaii. Ketiganya bertempat di Gedung Wakaf Pro, di Jalan Sidomukti No. 99 H Bandung,” katanya.

Sinergi Foundation pun ingin mengubah stigma bahwa wakaf itu untuk masjid atau kuburan. Justru, kata Asep, dana wakaf pun bisa diproduktifkan melalui bisnis agar manfaatnya berlipat.

Dia mengaku, ada dampak lebih luas yang dihasilkan dari wakaf produktif ini. Di Sinergi Foundation sendiri, hasil keuntungan yang mengalir dari semua aset bisnis tersebut juga disalurkan untuk program sosial.

Program tersebut di antaranya, membiayai operasional Rumah Bersalin Cuma-Cuma (Rumah persalinan gratis bagi ibu dhuafa), Kuttab Al-Fatih (sekolah islam gratis untuk semua kalangan), dan program sosial lainnya.

Bahkan, dana yang terhimpun dari sinergi wakaf masyarakat ini juga memberdayakan UMKM dan menambah penyerapan tenaga kerja. Para karyawan di bisnis berbasis wakaf ini diberdayakan dan dihidupi dari dana wakaf produktif ini, katanya.

Sampai saat ini, lanjut Asep sudah sekitar 50 orang karyawan yang diberdayakan. Semoga kedepannya bisa semakin luas manfaat yang ditebar dari wakaf produktif. “Keberadaan wakaf ini Insya Allah menjadi kebaikan yang terus mengalir bagi masyarakat yang berwakaf. Karena dananya terus bergulir dan menjadi maslahat bagi sesama.” pungkasnya

COMMENTS

WORDPRESS: 2
DISQUS: