BWI Gelar Simposium International

Jakarta - Dalam rangka memajukan perwakafan di Indonesia dan juga turut serta dalam mengembangkan wakaf di dunia Islam, Badan Wakaf Indonesia (BWI) me

Selamatkan Aset Tanah Wakaf
DIRE Bisa Fasilitasi Sukuk Berbasis Aset Wakaf
BWI Sosialisasikan Wakaf Produktif Kepada Para Nazhir di Bogor

Jakarta – Dalam rangka memajukan perwakafan di Indonesia dan juga turut serta dalam mengembangkan wakaf di dunia Islam, Badan Wakaf Indonesia (BWI) menggelar Simposium International. Acara ini penting untuk dilaksanakan agar nazhir wakaf tidak hanya bergaul di level nasional, tapi juga di kancah international. “Melalui kegiatan ini, kita juga akan membentuk Jaringan Nazhir International, yang diawali dari kawasan Asia Tenggara,” Kata Nurshamad Kamba, Kadiv Hubungan Luar Negeri BWI.

 

Secara khusus, simposium ini akan membahas tentang perkembangan manajemen wakaf kontemporer di dunia Islam. Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan wakaf saat ini memang demikian pesat, karena itu, perlu ada sharing atau tukar pikiran antar nazhir di wilayah Asia Tenggara.

 

Menurut Nurshamad, acara ini akan dihadiri oleh para nazhir se-Asia Tenggara, dan Narasumber dari berbagai Negara. “Ini baru langkah awal, ke depan akan kita libatkan seluruh nazhir dunia, tidak hanya sebatas Asia Tenggara,” tandasnya.

 

Untuk mengelar acara ini, (BWI) bekerjasama dengan Kuwait Awqaf Public Foundation (KAPF) dan Islamic Research and Training Institute (IRTI)-IDB Jeddah. Acara ini akan dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 6 sampai 9 Juni 2011 di Hotel Millenium, Jakarta. Secara resmi acara akan dibuka oleh Bapak Menteri Agama RI Suryadharma Ali.

 

Siapapun yang berminat untuk hadir di acara pembukaan, silahkan konfirmasi ke Panitia Simposium International di (021) 80884988, (021) 80877955, atau sms ke 0815 8789 453 (abdullah). Di antara topik-topik yang akan dibahas pada simposium kali ini adalah sebagai berikut:

 

1. Kerangka Umum Aturan Syariah Dalam Investasi Harta Wakaf
Oleh Drs. KH. Hafizd Utsman

2. Metode Pengawasan Menurut Syariah Atas Investasi Harta Wakaf Dan Kriteria Evaluasi Atas Kinerja Investasi
Oleh Dr. Muhamamd Abdul Halim Umar

3. Perencanaan Penganggaran dan Problematika Akuntansi Wakaf
Oleh Dr. Muhamamd Abdul Halim Umar

4. Faedah Prinsip-Prinsip Ekonomi Dalam Investasi Harta Wakaf
Oleh Dr. Dziyab Kirar

5. Teori Manajemen Modern Dan Aplikasinya Dalam Penyelesaian Problem Administrasi Wakaf
Oleh Dr. Muhamamd Abdul Halim Umar

6. Solusi Kontemporer Atas Problematika Manajemen Property dan Investasi Wakaf
Oleh Dr. Dziyab Kirar

7. Pengalaman KAPF dalam Mengelolaan Harta Wakaf
Oleh Dr. Kawakib al-Mulhim

8. Pengalaman IDB dalam Mengelolaan Harta Wakaf
Oleh Dr. Dziyab Kirar

9. Pengalaman BWI; Pengembangan Wakaf Di Negara Minoritas (Peluang Dan Tantangan)
Oleh Prof. Dr. Masykuri Abdillah

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: