Wakaf Bantu Akses Air Bersih

Jakarta - Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) meluncurkan program kampanye air bersih “One Action For Life 2011”, yakni kegiatan fundraising untuk membangun s

Tanah Wakaf untuk Makam Bisa Berujung Sengketa
Wakaf Produktif Harus Berorientasi Profit dan Publik
Menteri Wakaf Saudi akan Hadir di Jakarta

Jakarta – Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) meluncurkan program kampanye air bersih “One Action For Life 2011”, yakni kegiatan fundraising untuk membangun sarana air bersih bagi daerah-daerah yang membutuhkan hingga pelosok nusantara. Hal ini dilakukan untuk membantu daerah-daerah yang kesulitan mengakses air bersih. Menurut Jubir BAW Fatih Karim, aksi ini relevan dengan kondisi Indonesia mengingat banyak daerah di negeri ini yang sulit mendapatkan air bersih. “Bahkan Bank Dunia (2009) memberitakan bahwa satu dari dua rakyat Indonesia kesulitan mengakses air bersih,” ungkapnya.

Pada tahun 2010, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengeluarkan sebuah resolusi tidak mengikat perihal air bersih dan sanitasi adalah hak dasar seluruh manusia.

Karena itu, sejak Januari 2011 lalu, program ‘One Action for Life’ sedang di fokuskan membantu membangun sarana air bersih di daerah yang terkena dampak letusan Merapi.

Yang unik dari kegiatan pembangunan sarana air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan adalah BWA menghimpunnya dari dana wakaf masyarakat.

Wakaf adalah satu kegiatan amal sholeh dengan harta, yang dikenal dalam Islam sebagai Sedekah Jariyah yakni sedekah yang pahalanya akan mengalir abadi walaupun donatur wakaf (wakif) sudah meninggal dunia.

Karim mengaku, dengan program ini, BWA ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap air bersih dan membangun semangat berbagi dengan sesama yang membutuhkan. [au/trbn]

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: