Badan Wakaf Indonesia

Wakaf Kesehatan di Arab Saudi dan Mesir

Wakaf Kesehatan di Arab Saudi dan Mesir  - Inovasi Wakaf Produktif Dr - Wakaf Kesehatan di Arab Saudi dan Mesir
Dr. Fahrurroji, MA. LC

Arab Saudi

Di Arab Saudi, beberapa lembaga filantropi membangun wakaf kesehatan, bahkan ada lembaga filantopi yang kegiatannya khusus wakaf kesehatan. Sebagai contoh Jamiyyatul Iman Liri’ayati Mardha Sarathan al-Khairiyyah (Lembaga Kebajikan al-Iman untuk Perawatan Penderita Kanker)  di Jeddah yang membangun umah Sakit Wakaf untuk Pengobatan Kanker di atas tanah wakaf seluas 4.700 M2 dengan bangunan 14 lantai.

Rumah Sakit wakaf ini selain memberikan layanan kesehatan, juga sebagai tempat rehabilitasi sosial dan psikologi bagi penderita kanker. Yang menarik dari Rumah Sakit ini, ada area komersial sebagai wakaf produktif yang hasilnya untuk membiayai operasional rumah sakit yang memrikan layanan secara gratis.

Mesir

Di Mesir, wakaf kesehatan dipraktikkan secara baik antara lain melalui pembangunan Rumah Sakit Wakaf Kanker untuk Anak di Kairo. Donatur wakaf dapat memilih paket wakaf yang ditawarkan dengan nilai tertentu yang bisa dibayarkan secara tunai atau dicicil selama dua tahun, atau berwakaf dengan nilai berapapun di mana pokok wakaf jenis ini diinvestasikan pada produk bank syariah.

Hasil dari investasi wakaf uang tersebut dimanfaatkan untuk biaya operasional rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan secara gratis untuk anak-anak Mesir dan negara-negara Arab.

Penulis : Dr. Fahruroji (Anggota Badan Wakaf Indonesia)

Ayo Berwakaf Uang ke Badan Wakaf Indonesia

Silahkan Tulis Komentar Anda

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.