Badan Wakaf Indonesia

Badan Wakaf Indonesia Dorong Pembentukan Korporasi Wakaf Dalam Acara ISEF 2019

Badan Wakaf Indonesia Dorong Pembentukan Korporasi Wakaf Dalam Acara ISEF 2019  - Imam Teguh1 740x350 - Badan Wakaf Indonesia Dorong Pembentukan Korporasi Wakaf Dalam Acara ISEF 2019
Wakil Ketua BWI: Imam Teguh Tinjau Booth Badan Wakaf Indonesia

Perhelatan akbar Festival Ekonomi Syariah Internasional (ISEF) kembali digelar tahun ini. Serangkaian kegiatan diselenggerakan dalam acara itu. Salah satunya seminar ekonomi syariah yang bertemakan “Embracing Sharia Economy as a New Engine Toward Strong Sustainable and Inclusive Growht,”  di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center, Jakarta. Rabu (13/11/2019).

Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia, Imam Teguh Saptono menjadi pembicara dalam gelaran acara tersebut.

Di depan ratusan peserta seminar yang hadir, Imam Teguh menyampaikan, setiap aktivitas ekonomi harus memberikan dampak sosial secara positif. Di titik inilah pria beruban tersebut menekankan pentingnya pembentukan korporasi wakaf, yaitu perusahaan yang sebagian atau keseluruhan sahamnya diwakafkan. 

Korporasi wakaf yang merupakan salah satu bentuk dari wakaf produktif. Dengan adanya saham wakaf, korporasi nantinya diharapkan mampu mempunyai dampak sosial secara berkelanjutan, “Korporasi wakaf merupakan salah satu bentuk dari wakaf produktif yang bisa berdampak investasi sosial berkelanjutan,” ujar Imam Teguh.

Dengan dibentuknya korporasi wakaf, diharapkan bisa memunculkan perusahaan yang berbasif wakaf pertama di Indonesia.

Selain itu, nantinya korporasi wakaf nantinya bisa berbentuk perusahaan startup yang kedepannya bisa berubah menjadi unicorn. Sehingga bisa menjadi inisiasi terbentuknya unicorn yang lain dengan dana wakaf, “Korporasi wakaf yang berupa perusahaan startup nantinya bisa berubah menjadi unicorn,” terang Imam Teguh.

Korporasi wakaf kedepannya bisa membantu menciptakan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan. Serta penanggulangan kemiskinan.

Produk-Produk Wakaf Produktif

Dalam kegiatan ISEF 2019 ini Badan Wakaf Indonesia menampilkan beberapa produk wakaf produktif inovatif yang dikeloka oleh nazhir-nazhir terdaftar. Produk-produk itu antara lain Rumah Sakit Mata Achmad Wardi BWI-DD, Awqaf Tower, wakaf asuransi, korporasi wakaf Muba Global Lestari, Cash Waqf Linked Sukuk, dan Sukuk Linked Waqf.

Produk-produk itu ditampilkan di booth Badan Wakaf Indonesia, dan booth Forum Wakaf Produktif, yang masuk kategori  booth Islamic Social and Commercial Finance, selama gelaran ISEF tanggal 13-16 November 2019 di JCC, Jakarta.

Penulis  : Taufiq Hidayat
Editor    : Nurka’ib

Silahkan Tulis Komentar Anda

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.