Badan Wakaf Indonesia

Fenomena Wakaf di Indonesia

Fenomena Wakaf di Indonesia  - Fenomena Wakaf di Indonesia 740x485 - Fenomena Wakaf di Indonesia
Fenomena Wakaf di Indonesia

Buku ini adalah ringkasan dari beberapa hasil penelitian Litbang yang dilaksanakan sejak 2012 sampai 2016. Ada beberapa catatan terkait penerbitan ini. Pertama, pada dasarnya, semua penelitian Litbang menjadi masukan kebijakan bagi pengurus BWI. Dengan beberapa pertimbangan, tidak semua hasil penelitian dimasukkan dalam buku ini, mengingat ada penelitian yang spesifik dilakukan untuk kebijakan internal. Misalnya, penelitian tentang UU Wakaf yang hasilnya menjadi masukan BWI untuk pengusulan amandemen undangundang wakaf. Kedua, penelitian yang dilakukan Litbang sifatnya penelitian empiris yang melihat fenomena praktik wakaf sehingga lebih banyak menggunakan pendekatan sosiologis (tiap paparan hasil penelitian pada masing-masing bab akan menjelaskan metode riset yang digunakan). Ketiga, sedikitnya jumlah penelitian yang diringkas di buku ini merupakan indikator dari sedikitnya jumlah penelitian yang dilakukan oleh divisi Litbang dan terbatasnya anggaran sehingga tidak setiap tahun divisi Litbang bisa melakukan penelitian.

Buku yang diberi judul Fenomene Wakaf di Indonesia: Tantangan menuju Wakaf Produktif ini, tidak saja terbatas pada penelitian kelompok yang dilakukan oleh divisi Litbang, tapi juga riset yang dilakukan secara individu, dan kegiatan rutin divisi BWI. Buku ini memuat dua penelitian kelompok: penelitian wakaf produktif di DKI (Bab I) dan penelitian fenomena wakaf makam kontemporer (Bab III). Satu tulisan/penelitian individu tentang fenomena masjid di atas tanah bukan wakaf (Bab II), dan sebuah review bibliografi terkait riset wakaf di Indonesia (Bab IV). Review bibliografis ini bukanlah sebuah proyek penelitian, tapi menjadi ‘pekerjaan’ rutin divisi litbang melihat kajian-kajian wakaf selama ini, sehingga hasil review ini kami tampilkan.

Buku ini adalah semacam diseminasi hasil penelitian divisi Litbang BWI yang dituliskan dalam bentuk ringkasan. Tujuan utama diterbitkannya buku ini adalah untuk menyebarkan hasil penelitian Litbang BWI agar menjadi masukan bagi para pemangku kebijakan yang lebih luas serta bagi pegiat wakaf tentang fenomena mutakhir perkembangan wakaf di Indonesia. Selain itu, buku ini juga berupaya menghadirkan fenomena terbaru tentang wakaf di Indonesia dalam konteks pengarusutamaan wakaf produktif di Indonesia.
Bagi pemerhati dan mereka yang melakukan kajian wakaf, buku ini bisa menambah referensi, karena tidak saja berisi ringkasan hasil penelitian, tetapi juga berisi review bibliografi khususnya buku, tesis, disertasi serta penelitian tentang wakaf dalam satu dekade terakhir. Ringkasan hasil penelitian ini menjadi bahan yang berharga bagi kajian serta kebijakan pemberdayaan wakaf. Kami ucapkan terima kasih kepada para peneliti, staf BWI, serta ketua Divisi Litbang yang membantu dalam penyusunan buku ini. Terima kasih yang sebesarnya kami sampaikan kepada Ketua Badan Wakaf Indonesia, yang telah mendukung kerja Divisi Litbang termasuk penyusunan buku ringkasan hasil penelitian ini. Semoga bermanfaat.

Silahkan Tulis Komentar Anda

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.