BWI Jateng: Jangan Hanya Wakafkan Harta untuk Tempat Ibadah

BWI Jateng: Jangan Hanya Wakafkan Harta untuk Tempat Ibadah

  SOLO—Badan Wakaf Indonesia (BWI) Jawa Tengah menyarankan agar masyarakat yang ingin mewakafkan hartanya tak melulu memprioritaskan untuk pembanguna

Menteri Hadi Targetkan Seluruh Tanah Wakaf Punya Sertifikat di 2024
Wakaf Termasuk Pilar Penting Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah
BWI Medan Diharapkan Mampu Atasi Sengketa Wakaf

 

SOLO—Badan Wakaf Indonesia (BWI) Jawa Tengah menyarankan agar masyarakat yang ingin mewakafkan hartanya tak melulu memprioritaskan untuk pembangunan tempat ibadah.

 

Sekretaris BWI Jateng, Mohammad Saidun mengatakan kebanyakan muwaqif (orang yang berwakaf) di Jawa Tengah memilih menyalurkan wakafnya untuk pembangunan rumah ibadah dan pemakaman. Padahal kata dia, wakaf dapat juga bermanfaat jika disalurkan untuk peningkatan ekonomi umat agar lebih sejahtera.

 

“Pemanfaatan wakaf untuk kesejahteraan umat ini yang belum maksimal. Selama ini wakaf hanya untuk rumah ibadah,” tutur Mohammad disela-sela pengukuhan pengurus Badan Wakaf Indonesia Kota Solo pada Selasa (27/2).

 

Mohammad menjelaslan, berkaca pada Malaysia, harta wakaf tak saja untuk pengembangan rumah ibadah, tetapi yang tak kalah penting yakni digunakan untuk memajukan ekonomi umat.

 

Di sisi lain, kata Mohammad banyak kasus terkait harta beda yang diwakafkan untuk pembangunan tempat ibadah justru berujung konflik lantaran ketidaklengkapan administrasi yang kemudian dipermasalahkan ahli wariis saat muwaqif telah meninggal.

 

“Ada 40 persen wakaf itu hanya untuk rumah ibadah, padahal konsepnya sodakoh jariyah yang terus bernilai dan bermanfaat,” katanya.

 

Dalam kesempatan tersebut sebanyak 11 dilantik menjadi pengurus BWI Kota Solo periode 2017 sampai dengan 2020. BWI Kota Solo di ketuai Usman dan ketua Dewan Pertimbangan Abduk Kholiq Hasan.

 

Sementara Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo berharap kehadiran BWI Solo dapat menyelesaikan permasalahan terkait wakaf ei jita Solo. Achmad Purnomo optimis wakaf bisa meningkatkan ekonomi umat bila dikelola dengan baik.

 

“Saya imbau untuk BWI segera merencanakan masalah wakaf tempat ibadah, pendidikan, kuburan dan lainnya sehingga mempunyai jaminan hukum dan mempercepat pembangunan kota Solo,” tuturnya.

 

Sumber: Republika Online

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: